Minggu, 18 Maret 2012

KISI KISI US IPS SMP 15 MKS


PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
KISI-KISI UAS IPS SMP NEGERI 2012

                                             Sekolah                                                       :   SMP                                             Tahun Pelajaran                                         :   2011 / 2012
                                             Mata Pelajaran                                           :   IPS Terpadu (Geografi)                                             Kurikulum Acuan                                        :   KTSP
                                             Kelas                                                           :   IX                                             Jumlah Soal                                                :   20 Butir

NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
INDIKATOR SOAL
KELAS / SMT
JUMLAH SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT SOAL
KET
1.
Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
Bentuk-bentuk muka bumi
Disajikan gambar bentuk muka bumi, siswa dapat menunjukkan bentuk muka bumi daratan (ngarai)
VII
1
1
1

2.
Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
Tenaga endogen dan tenaga eksogen
Siswa dapat mengidentifikasi dampak positif tenaga endogen bagi kehidupan
VII
1
2
1

3.
Menggunakan peta, atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
Pengertian atlas, peta dan globe
Siswa dapat mengemukakan pengertian peta
VII
1
3
1

4
Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Persebaran flora dan fauna Indonesia kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber
Disajikan peta Indonesia, siswa dapat menunjukkan garis wilayah flora dan fauna di Indonesia.
VII
1
4
1

5
Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
Pertumbuhan penduduk.

Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk alami
VIII
1
5
1

6
Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Arti penting lingkungan bagi kehidupan.

Siswa dapat menjelaskan arti penting lingkungan bagi kehidupan
VIII
1
6
1

7

Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial
Dampak-dampak hubungan sosial.

Siswa dapat menjelaskan dampak-dampak terjadinya hubungan sosial
VIII
1
7
1

8
Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat
Pengertian pranata sosial.

Siswa dapat menjelaskan pengertian pranata sosial
VIII
1
8
1

9
Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat
Jenis-jenis pranata sosial
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial
VIII
1
9
1

10
Mendeskripsikan pengendalian penyimpangan sosial
Jenis pengendalian penyimpangan sosial (preventif dan represif).
Siswa dapat menunjukkan contoh pengendalian sosial yang bersifat preventif
VIII
1
10
1

11
Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Ciri-ciri negara berkembang dan negara maju.
Siswa dapat mengendentifikasi cirri-ciri negara maju.
IX
1
11
1

12
Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat.
Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya.
-   Perubahan secara cepat (revolusi).
-   Perubahan secara lambat (evolusi).
Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk perubahan sosial budaya
IX
1
12
1

13
Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan
Contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan sosial budaya.
Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku masyarakat sebagai akibat perubahan sosial budaya
IX
1
13
1

14
Menginterpretasi peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi.
Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi.
Siswa dapat menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta
IX
1
14
1

15
Mendeskrip sikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara.
Unsur-unsur fisik dan sosial  kawasan Asia Tenggara
Siswa dapat menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara
IX
1
15
1

16
Mendeskrip sikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara.
Kerjasama Indonesia dengan negara-negara dikawasan Assia Tenggara
Siswa dapat memberikan contoh bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara
IX
1
16
1

17
Menginterpretasi peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi.
Pola dan bentuk obyek geografis sesuai dengan bentang alamnya.
Siswa dapat mendeskripsikan pola dan bentuk obyek geografis sesuai dengan bentang alam
IX
1
17
1

18
Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera
Benua dan Samudera
Siswa dapat mendeskripsikan proses pembentukan benua
IX
1
18
1

19
Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera
Karakateristik benua
Siswa dapat mendeskripsikan karakteristik masing-masing benua
IX
1
19
1

20
Menguraikan  perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global
Cirri-diri globalisasi
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi
IX
1
20
1

                                                                                                                                                                                                                         



PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
KISI-KISI UAS IPS SMP NEGERI 2012

                                             Sekolah                                                       :   SMP                                             Tahun Pelajaran                                         :   2011 / 2012
                                             Mata Pelajaran                                           :   IPS Terpadu (Ekonomi)                                             Kurikulum Acuan                                        :   KTSP
                                             Kelas                                                           :   IX                                             Jumlah Soal                                                :   15 Butir

NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
INDIKATOR SOAL
KELAS / SMT
JUMLAH SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT SOAL
KET
1.
Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi  kebutuhan
Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan manusia sosial atau makhluk ekonomi yang bermoral
VII
1
1
1

2.
Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
koperasi
Disajikan illustrasi, peserta didik dapat menentukan jenis koperasi
VII
1
2
1

3.
Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
BUMN dan BUMS
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan BUMN dan BUMS
VII
1
3
1

4
 Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
pasar
Disajikan pernyataan peranan pasar, peserta didik dapat menentukan peranan pasar bagi produsen atauo konsumen
VIII
1
4
1

5
Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dengan kegiatan ekonomi, serta peranan pemerinntah dalam upaya penanggulangannya
ketenagakerjaan
Disajikan illustrasi ketenagakerjaan, peserta didik dapat menjelaskan peranan pemerintah dalam menanggulangi ketenagakerjaan
VIII
1
5
1

6
Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian
Pajak penghasilan
Disajikan data, peserta didik dapat menghitung PPh dengan peraturan yang baru dan tariff pajak
VIII
1
6
1

7
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
Kurva permintaan dan penawaran
Disajikan kurva permintaan pengeluaran, peserta didik dapat menginterpretasikan kurva permintaan atau penawaran
VIII
1
7
1

8
Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan
Jenis-jenis uang
Disajikan beberapa pernyataan peserta didik dapat menentukan jenis uang (uang kartal atau uang giral)
IX
1
8
1

9
Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan
Perbankan
Peserta didik dapat membedakan bank sentral dengan bank umum
IX
1
9
1

10
Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian indonesia
Perdagangan internasional
Disajikan dampak dan manfaat perdagangan internasional, peserta didik dapat menentukan manfaat perdagangan internasional
IX
1
10
1

11
Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian indonesia
Kebijakan pemerinrah dibidang ekspor dan impor
Disajikan data ekspor/impor, peserta didik dapat menghitung surplus/deficit, atau berimbang
IX
1
11
1

12
Mendeskripsikan kerjasama antar Negara di bidang ekonomi
devisa
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi devisa
IX
1
12
1

13
Mendeskripsikan kerjasama antar Negara di bidang ekonomi
Perdagangan antar negara
Peserta didik dapat menjelaskan hambatan oerdagangan antar negara di bidang ekonomi
IX
1
13
1

14
Mendeskripsikan dampak kerjasama antar Negara terhadap perekonomian
dampak negatif  kerjasama antar Negara terhadap perekonomian indonesia
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menjelaskan dampak kerjasama antar Negara terhadap perekonomian indonesia
IX
1
14
1

15
Mendeskripsikan dampak kerjasama antar Negara terhadap perekonomian
globalisasi
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menjelaskan manfaat globalisasi bagi generasi muda
IX
1
15
1

                                                                                                                                                                                                                         

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
KISI-KISI UAS IPS SMP NEGERI 2012

                                             Sekolah                                                       :   SMP                                             Tahun Pelajaran                                         :   2011 / 2012
                                             Mata Pelajaran                                           :   IPS Terpadu (Sejarah)                                             Kurikulum Acuan                                        :   KTSP
                                             Kelas                                                           :   IX                                             Jumlah Soal                                                :   15 Butir

NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
INDIKATOR SOAL
KELAS / SMT
JUMLAH SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT SOAL
KET
1.
Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.

Perkembangan kehidupan pada masa  pra-aksara.
Siswa dapa mendeskripsikan perkembangan kehidupan  pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan
VII
1
1
1

2.
Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta pening-galan-pening-galannya.
Proses masuk dan berkembangnya agama Islam melalui aktivitas pelayaran dan perdagangan antara Asia Barat, India dan Cina.
Siswa dapat menjelaskan proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia
VII
1
2
1

3.
Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
Cara-cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
Siswa dapatm mengidentifikasi cara- cara yang  digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
VII
1
3
1

4
Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah

Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah
Siswa dapat  mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah
VIII
1
4
1

5
Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesadaran na sional, identitas Indonesia , dan perkem-bangan pergerakan kebangsaan Indonesia

Peranan golongan terpelajar ,profesional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional
Indonesia
Siswa dapat Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran  nasional  Indonesia
VIII
1
5
1

6
Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia

Kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia
Siswa dapat mendeskripsikan secara kronologis proses penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah
VIII
1
6
1

7
Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
Pengaruh  yang ditimbulkan oleh kebijakan kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah 
Siswa dapat mengidentifikasi pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan kebijakan pemerintah colonial di berbagai daerah
VIII
2
7
1

8

Penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara yang akan didirikan
Siswa dapat mendiskripssikan secara kronologis proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan
VIII
1
8
1

9
Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia;melalui MIAI,gerakan bawah tanah,perjuangan
Bersenjata
Siswa dapat mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia di berbagai daerah pada masa pendudukan Jepang

IX
1
9
1

10
Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
Perang Dunia II di Asia dan Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia

Siswa dapat menjelaskan kronologis PD II
IX
1
10
1

11
Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Faktor –faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda karena Belanda ingin berkuasa kembali di Indonesia
Siswa dapat Mendiskripsikan faktor –faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
IX
1
11
1

12
Mendekrip-sikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat
Tri komando Rakyat
Siswa dapat mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando Rakyat (Trikora) Untuk merebut Irian Barat
IX
1
12
1

13
Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi
Berakhirnya orde Baru;krisis ekonomi dan gerakan Reformasi
Siswa dapat mendeskripsikan berakhirnya Orde Baru dan Lahirnya Reformasi
IX
1
13
1

14
Mendeskripsikan strategi nasional peristiwa Madiun / PKI, DI / TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya
Peristiwa Madiun/PKI dan cara yang dilakukan pemerintah dalam penaggulangannya
Mendiskripsikan terjadinya peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya
IX
1
14
1

15
Mendekripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat
Latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat
Siswa dapat menguraikan latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat
IX
1
15
1




                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       Makassar,...............................2012


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Pengurus MGMP IPS SMP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar